Konsumsi Kacang Hijau Cegah Anemia

Maret 4, 2009 at 8:16 pm Tinggalkan komentar

TEKANAN darah rendah atau di bawah normal (120/80 mmHg), terasa pusing, pucat, dan lemah. Ini merupakan sedikit dari gejala kekurangan darah (anemia).

Saat melakukan aktivitas tiba-tiba Anda merasa kecapaian atau mungkin ketika Anda sedang duduk dan pas berdiri tiba-tiba tubuh Anda lemah, sekitar terasa bergoyang, dan gelap, ini juga merupakan tanda-tanda kekurangan darah.

Anemia bisa muncul karena kekurangan komponen gizi di dalam tubuh. Namun, beberapa penyakit lainnya seperti malaria, infeksi cacing tambang, gagal ginjal, kanker, dan HIV/AIDS juga dapat menyebabkan anemia. Atau mungkin Anda baru saja mendonorkan darah dab baru saja menjalani operasi.

Menurut guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof Dr Syamsu SpPD-KAI, munculnya anemia disebabkan karena jumlah sel darah merah atau eritrosit di bawah dari jumlah normal.

“Pengaruhnya antara lain akibat defisiensi zat besi (Fe), asam folat, atau vitamin B12,” tambah ahli penyakit dalam ini.

Zat besi sendiri merupakan komponen penting hemoglobin (Hb) yang berperan sebagi pembawa utama oksigen ke seluruh tubuh. Penurunan hemoglobin darah akan menyebabkan tubuh harus kerja lebih keras dalam mendapatkan oksigen.

Inilah yang menyebabkan tubuh terasa lemah dan lelah. Gejala lain anemia berupa berkurangnya nafsu makan, mata berkunang-kunang, dan tangan sering kesemutan bila berdiri sehabis jongkok. (cr1)

Juga Mengandung Antioksidan
Menurut Prof Syamsu, untuk menangani anemia harus terlebih dahulu diketahui penyebab utamanya. Apakah karena kekurangan zat besi, vitamin B12, asam folat, atau karena penyakit-penyakit seperti malaria, kerusakan lambung, dan ginjal.

Jika karena kekurangan zat besi, maka penderita dapat diberi asupan zat besi bisa dari suplemen atau makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Di antaranya hati, jantung, kuning telur, ragi, kerang, kacang-kacangan, dan beberapa jenis buah, contoh buah tersebut adalah jambu biji,

Selain itu, tumbuhan lainnya yang sering dikonsumsi masyarakat dan ternyata mampu mengatasi anemia adalah kacang hijau. Kandungan vitamin B1 (tiamin) dan asam folat dalam kacang hijau mampu mengatasi masalah anemia.

Kacang hijau yang masih berbentuk kecambah juga memiliki kandungan fitosterol yang berfungsi sebagai antioksidan.(cr1)
ptp
Kandungan kacang hijau
* Protein
* Rendah lemak
* Enzim amilase
* Mineral
* Vitamin B1
* Asam folat
* Antioksidan fitosterol.

tips sehat
Jaga Konsentrasi dalam Berakitivitas
KONSENTRASI merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, bagaimanakah kita bisa mempertahankan konsentrasi dalam beraktivitas?

Semua itu tak lepas dari kebiasaan kita menjaga kesehatan. Saat melakukan suatu pekerjaan, otak yang merupakan pusat dari segala aktivitas yang dilakukan tubuh inilah yang mengendalikan gerak-gerik kita. Disini jugalah kita bisa memusatkan konsentrasi kita.

Untuk itu, sebelum memulai aktivitas seharian, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah berikut.

* Sarapan pagi. Menyantap hidangan pembuka di pagi hari adalah salah satu cara agar kita bisa fokus menjalankan aktivitas.

Jangan makan melebihi kapasitas, namun yang terpenting yakni makanan yang dimakan bisa menjadi sumber energi kita dalam berpikir dan bertindak.

Menu hidangan seperti susu, roti, selai kacang, dan buah-buahan bisa menjadi pembuka hari kita agar lebih bersemangat dalam beraktivitas.

* Istirahat dan tidur yang cukup. Setelah seharian lelah bekerja, Anda pun wajib mengistirahatkan otak dan tubuh Anda. Jangan terlalu memporsir tubuh untuk bekerja karena otak pun akan lelah sehingga bakal susuah untuk berfikir dan berkonsentrasi. Tidur cukup sedikitnya enam hingga delapan jam sehari bisa mengembalikan stamina tubuh dan otak setelah seharian bekerja.

* Olah raga. Ini juga penting dalam mengembalikan konsentrasi. Gerakan-gerakan tubuh dapat melenturkan badan sehingga otot yang kaku bisa aktif bergerak. Selain itu, meditasi atau yoga yang berfungsi untuk menenangkan pikiran juga dapat membantu menimngkatkan konsentrasi Anda.

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Tapak Dara, Tanaman Herbal untuk Kanker Lawan Osteoporosis dengan Wortel dan Pepaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: