Hati-hati Pelihara Hewan Saat Hamil

Maret 10, 2009 at 6:28 pm Tinggalkan komentar

DALAM menjalani masa kehamilan, berbagai hal perlu diperhatikan agar kehamilan yang dijalani tidak mengalami kendala atau pun masalah. Terutama masalah terhadap janin yang sedang dikandung.

Untuk itu, para ibu sering menerapkan beragam pantangan agar janin mereka selalu terjaga dari hal buruk apa pun. Mulai dari pola makanan, bahan-bahan yang dimakan bahkan hal-hal yang sebelumnya disenangi namun dianggap membahayakan pun akan dihindari.

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai ibu-ibu dalam masa kehamilannya adalah toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, herpes simpleks, sipilis, infeksi streptococcus grup B, dan listeriosis.

Namun di antara penyakit-penyakit tersebut, yang paling harus diwaspadai karena keganasannya adalah toksoplasma. Penyakit dengan singkatan tokso itu sulit terdeteksi dan mampu menyusup dengan beragam cara.

Sejumlah sumber menjelaskan, beberapa penelitian menunjukkan sekitar 40 persen wanita hamil pengidap toksoplasma pada awal kehamilan, janin yang dilahirkan akan terinfeksi, dan 15 persen mengalami abortus atau kelahiran dini.

Sedangkan bagi janin tercatat 17 persen janin terinfeksi pada tiga bulan pertama, 24 persen pada tiga bulan kedua, dan 62 persen pada tiga bulan ketiga.

Toksoplasma menyebabkan bayi yang lahir bakal mengalami kelainan atau terjadi abnormal. Di antaranya kelainan pada saraf, mata, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan.

Jika menyerang saraf bayi, maka perkembangan psikomotorik anak seperti keterlambatan bicara dan gangguan kepintaran bakal terjadi. (ira eka pratiwi)

Disebarkan Melalui Hewan Peliharaan
NAMUN, sebenarnya bagaimanakah toksoplasma bisa menyerang. Sebagian, besar orang mengira bahwa pembawa parasit toksoplasma dari kucing. Namun, ternyata parasit toksoplasma gondii ternyata bukan saja ditularkan dari kucing.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan dr Fatmawaty SpOG, parasit ini bisa menyebar dari semua jenis satwa, termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia bahkan manusia.

“Selain itu, tokso juga bisa terdapat dalam daging setengah matang seperti sate, buah-buahan atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung toksoplasma,” tambah Fatmawaty.

Menurut dr Fatmawaty pada infeksi pertama, parasit ini menyebabkan flu, sakit kepala, pegal-pegal, dan badan letih. Namun seterusnya akan hilang tapi kuman itu tetap ada di dalam tubuh dan menyerang saat hamil. (ira eka pratiwi)
Toksoplasma Menyebabkan:
– Bayi yang lahir bakal mengalami kelainan atau terjadi abnormal
– Di antaranya kelainan pada saraf, mata, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan
– Jika menyerang saraf bayi, maka perkembangan psikomotorik anak seperti keterlambatan bicara dan gangguan kepintaran bakal terjadi.

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Lawan Kanker Hati Dengan Kulit Apel Pria Paruh Baya Aktif Lebih Panjang Umur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: