Lidah Buaya (Aloe Vera L)

Maret 13, 2009 at 11:31 pm 1 komentar

Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya tumbuh liar di tempat berudara panas, tapi sering juga ditanam di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daunnya meruncing berbentuk taji dan berdaging tebal, kira-kira 1 cm. Daun ini getas dan tepinya bergerigi. Panjangnya bisa sampai 30 cm. Apabila daun dibelah terlihat daging berwarna hijau, dingin, dan banyak mengandung lendir. Bunganya keluar bila tanaman sudah tua, berwarna jingga dengan tangkai panjang 60-90 cm. yang biasa digunakan adalah daun dan akarnya.
Tanaman ini suka tanah gembur dan kaya bahan organik. Sebagai tanaman sekulen (daunnya banyak mengandung air), lidah buaya tidak menyukai tempat yang tergenang air yang bisa menyebabkan batang dan daunnya membusuk. Untuk perbanyakan dapat dilakukan dengan memisahkan anakannya. Anakan biasanya tumbuh di sekitar tanaman induknya.
Tanaman ini mengandung saponin yang mempunya kemampuan membunuh kuman. Serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit, ia juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam gel lidah buaya terkandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Sehingga gel akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak cepat kering.
Semakin tua tumbuhan lidah buaya semakin memberi manfaat untuk nutrisi maupun pengobatan. Gel lidah buaya seringkali digunakan untuk mengobati luka gores, tersayat, gigitan serangga dan ruam.

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Puding Jagung Manis Aneka Resep Bermanfaat Untuk Lenyapkan Bau Badan dan Keringat

1 Komentar Add your own

  • 1. ninebox  |  Maret 14, 2009 pukul 2:54 am

    yay… setau gw lidah buaya bisa juga untuk mengobati jerawat sama memperkecil pori – pori kulit ( terutama pada wajah )..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: