Mencuri Akal

Maret 13, 2009 at 8:44 pm Tinggalkan komentar

Mana yang lebih jahat, mencuri ataukah berdusta ? Buat sebagian orang mungkin mencuri lebih berat tingkat kejahatannya dibandingkan berdusta, karena mencuri mengakibatkan hilangnya harta. Namun pada kenyataannya berdusta lebih berbahaya ketimbang mencuri. “Seorang pencuri hanyalah mengambil hartamu, sementara seorang pendusta mencuri akalmu,”kata seorang ahli hikmah. Hilang harta hanya akan membawa kerugian materi yang sesaat, tapi hilangnya akal tidak saja dapat mengakibatkan hilangnya harta, tapi juga dapat melahirkan kerugian batin yang berkepanjangan. Dengan berdusta seseorang dapat mengelabui pikiran orang lain, meraih simpati masyarakat, menimbulkan permusuhan, dan berpotensi untuk menyesengsarakan orang lain.
Banyak alasan mengapa orang mau berdusta. Sebagian orang berdusta untuk menutupi kesalahan mereka. Sebagian lagi berdusta demi keuntungan materi, bahkan ada yang tega berdusta demi menjaga atau menaikkan reputasi. Apapun alasannya para pendusta tidak menyadari bahaya yang akan ditimbulkannya kelak. Dusta bukan saja memperdayai orang lain, tapi juga akan terus menyeret pelakunya ke dalam lingkaran kebohongan yang tak berujung pangkal. Mereka yang telah berdusta harus siap berdusta lagi untuk menutupi dusta yang telah ia ciptakan sebelumnya. Ibarat candu, dusta dan kebohongan yang terjadi akan mendorong pelakunya — baik suka atau tidak suka — untuk terus menerus berdusta, sampai ia bertaubat.
Benarlah bila Islam demikian membenci perilaku dusta, dan amat memuji kejujuran. Jika jujur adalah tabiat yang senantiasa melekat pada diri seorang yang beriman, maka kebohongan adalah satu tanda dari kemunafikan. “Tanda-tanda orang munafik ada tiga; jika berkata ia berdusta…”sabda Nabi saw.
Namun, mereka yang berdusta bisa saja mengelabui semua orang tapi tetap tidak akan mampu mengelabui tiga golongan yang lain; malaikat pencatat amal perbuatannya, Allah Swt. dan dirinya sendiri.

Entry filed under: Artikel. Tags: .

PEREMPUAN (khususnya untuk para lelaki) Puding Jagung Manis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: