Teh Hitam-Teh Hijau Cegah Resiko Stroke

Maret 13, 2009 at 6:19 pm Tinggalkan komentar

d161cd3f5fa4155c3ec358e16e65b7f7
Teh Hitam-Teh Hijau Cegah Resiko Stroke
Juga Baik Cegah Penerita Jantung
TEH hitam dan teh hijau, kedua jenis minuman ini ternyata memiliki khasiat dalam membatu mencegah resiko terjadinya stroke. Teh hijau merupakan minuman yang terbuat dari tanaman teh yang dalam bahasa latin disebut dengan Camelia sinensis.

Berdasarkan proses pengolahannya, teh diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu teh hitam, teh oolong, dan teh hijau. Ketiha the ini menghasilkan produk the yang berbeda secara fisik dan kimia.

Secara kimia, perbedaan yang paling menonjol adalah perbedaan komposisi senyawa polifenol. Pada proses pengolahan teh hitam dan teh oolong, sebagian katekin berubah menjadi theaflavin, thearubigin, dan theanaphtoquinone.

Theaflavin merupakan hasil oksidasi katekin akibat proses oksimatis pada pengolahan teh hitam. Kekuatan theaflavin setara dengan katekin bahkan beberapa publikasi terkini menyatakan bahwa theaflavin lebih potensial dari katekin.

Penelitian yang dilakukan oleh Lenore A dan kawan-kawan yang tertulis dalam Jurnal Stroke yang dipublikasikan oleh American Heart Association mengungkapkan fakta bahwa, meminum sedikitnya tiga cangkir teh hijau maupun teh hitam dapat membantu mencegah stroke.

Dari penelitian ini diperoleh hasil, meminum tiga cangkir teh dalam satu hari akan mengurangi resiko stroke sebanyak 21 persen. Tidak terbatas hanya teh hijau atau teh hitam, tetapi hanya teh dari Camelia sinensis, bukan teh herbal lainnya.

Seperti dikutip situs doktersehat.com, pengaruh positif minum teh ini juga ditemukan memiliki sifat linier. Sehingga apabila seseorang minum teh sehari tiga cangkir, resiko terserang stroke turun 21 persen. Apabila dia minum tiga cangkir lagi, maka resiko terkena stroke akan turun 21 persen.

Senyawa theaflavin merupakan antioksidan, anti kanker, anti mutagenik, antidiabetes dan anti penyakit lainnya. (cr1)

Untuk Kolesterol dan Diabetes

PENELITIAN di Belanda menyimpulkan bahwa kebiasaan minum teh hitam dapat mencegah penimbunan kolesterol pada pembuluh darah arteri, terutama pada wanita. Minum teh hitam satu sampai dua cangkir mampu menekan penimbunan kolesterol hingga 46 persen dan jika minum 4 cangkir dapat mencapai 69 persen.

Hal tersebut ditunjang oleh hasil penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan serangan jantung berkurang 40 persen pada orang-orang yang membiasakan minum teh hitam.

Teh hitam juga menunjukkan kemampuan yang meyakinkan sebagai sumber bahan pangan alami bagi para penderita diabetes, terutama dalam kapasitasnya menaikkan aktivitas insulin. (cr1)

resume
– The hitam dan teh hijau memiliki khasiat membatu mencegah resiko stroke

– Kebiasaan minum teh hitam dapat mencegah penimbunan kolesterol
– Minum teh hitam satu sampai dua cangkir mampu menekan penimbunan kolesterol hingga 46 persen dan jika minum 4 cangkir dapat mencapai 69 persen
– Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan serangan jantung berkurang 40 persen pada orang-orang yang membiasakan minum teh hitam
– Teh hitam sebagai sumber bahan pangan alami bagi para penderita diabetes.

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Sebuah Renungan Bawang Merah: Mengobati Impotensi dan Rambut Rontok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: