Gangguan Pencernaan, Atasi dengan Kombucha

Maret 15, 2009 at 12:23 pm Tinggalkan komentar

SEBAGIAN orang mungkin pernah mendengar minuman sejenis teh yang pengolahannya tidak berasal dari daun, melainkan dari fermentasi mikroba. Namanya Kombucha.

Kombucha adalah minuman yang pembuatannya diproduksi dari larutan teh dan gula menggunakan starter mikroba Acetobacter xylinum dan beberapa jenis jamur dan difermentasi selama 8-12 hari. Olehnya itu, kombucha disebut juga dengn the jamur.

Meskipun mengandung mikroba, namun minuman ini ternyata baik untuk kesehatan saluran pencernaan, karena kandungan antibiotik dan asam laktatnya mampu menghambat pertumbuhan mikroba terutama mikroba yang menyerang saluran pencernaan.

Produk minuman ini telah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Dan dari hasil fermentasi tersebut terdapat beragam zat-zat yang berguna bagi kesehatan. Di antaranya adalah asam glukoronat, asam laktat, asam malat, asam oksalat, vitamin, asam amino, antibiotik.

Asam glukoronat yang dihasilkan dari proses fermentasi kombucha berguna untul meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi dan serngan beragam penyakit. Asam ini juga mampu menetralisir tubuh dari beragam zat-zat beracun.

Gangguan pencernaan disebabkan salah satunya karena pola makan yang tidak teratur serta makan yang masuk ke dalam tubuh mengandung bahan yang tidak cocok dengan kondisi pencernaan atau karena faktor kebersihannya.

Untuk itu, pilihan makanan yang tepat harus dilakukan sebelum sejumlah gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau pun nyeri lambung menyerang dan mengganggu segenap aktivitas yang sedang di jalankan.
Minuman yang berasal dari Asia Timur dan menyebar ke Jerman dan Rusia pada pertengahan abad ke-20 ini juga mampu memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak. Ini dikarenakan kombucha mengandung asam nukleat dalam proses fermentasinya.

Asam amino yang terdapat dalam minuman ini juga berguna dalam pembelahan sel dan memperbaiki jaringan yang rusak, serta membentuk antibodi yang dapat melawan bakteri dan virus.
Manfaat Kombucha
– Meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi dan serngan beragam penyakit
– Mampu menetralisir tubuh dari beragam zat-zat beracun
– Membantu pembelahan sel dan memperbaiki jaringan dalam tubuh yang rusak

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Aneka Resep Bermanfaat Untuk Lenyapkan Bau Badan dan Keringat Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: