Kemacetan Lalu-Lintas Tingkatkan Serangan Jantung

Maret 16, 2009 at 11:57 pm 2 komentar

20090105112007WASHINGTON–Resiko serangan jantung pada manusia akan menjadi tiga kali lebih tinggi ketika mereka terperangkap kemacetan lalu-lintas selama satu jam, demikian hasil studi Jerman yang disiarkan di dalam laman Internet “American Heart Association” akhir pekan lalu.

Perempuan, pria tua, pasien yang tak memiliki pekerjaan, dan mereka yang memiliki sejarah kejang jantung adalah yang paling terpengaruh oleh kemacetan lalu-lintas, kata studi yang dipimpin oleh Annette Peters, dari Institute of Epidemiology, Helmoltz Zentrum Muchen, Jerman.

“Satu faktor potensial bisa jadi ialah udara buangan yang berasal dari mobil lain,” kata Peters. “Tetapi kami tak dapat menyimpulkan sinergi antara stres dan polusi udara yang dapat menjadi tolok-ukur.”

Penelitian tersebut disajikan pada 49th Annual Conference on Cardiovascular Disease di Florida oleh American Heart Association.

Para peneliti itu mewawancarai hampir 1.500 pasien yang selamat setelah serangan jantung dan mendapati sebanyak delapan persen pasien serangan jantung dalam studi tersebut berkaitan dengan lalu-lintas.

“Secara keseluruhan, waktu yang dilalui di dalam setiap jenis angkutan jalan raya (mengendarai mobil, naik angkutan umum atau naik sepeda motor) berhubungan dengan 3,2 kali resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan jauh dari pemicu ini,” katanya.

Para peneliti tersebut mengatakan mereka terkejut bahwa perempuan tampaknya berada di dalam kelompok dengan resiko lebih tinggi. “Resiko mereka ialah lebih dari lima kali lebih tinggi,” kata Peters seperti dikutip dari Xinhua dan OANA.

“Kami tidak yakin mekanisme psikologi apa di balik ini; namun, itu bisa jadi juga disebabkan oleh jumlah perempuan yang lebih sedikit karena kami hanya mewawancarai 325 perempuan dalam lima tahun,” katanya.

Beberapa studi sebelumnya oleh para peneliti memperlihatkan bahwa mereka yang ikut dalam kegiatan yang berat seperti bermain sepak bola atau squash atau melakukan pekerjaan berat seperti melukis di atas kepala atau menyekop salju memiliki resiko lima sampai enam kali lebih besar untuk mengalami serangan jantung hanya dalam waktu beberapa jam.
Sumber : Republika Newsroom
Senin, 16 Maret 2009

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Cinta Buah Makasar (Brucea Javanica [L.] Merr) / Tambara Marica, Obat Herbal untuk Malaria

2 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: