Paria, Buah Pahit yang Berkhasiat

April 11, 2009 at 9:41 pm Tinggalkan komentar

902b8a3f80eb987ae69be0747ef1e0b4RASA manis, rasa asam, rasa asin, semua orang pasti pernah merasakannya. Ada yang suka ada pula yang tak menyukainya. Tapi, kalau rasa pahit pasti semua orang tak menyukainya. Kalau bisa dihindari, pasti akan dihindari.

Tapi, bagaimana kalau yang pahit itulah yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Pasti mau tidak mau kita harus melahapnya agar tubuh tetap fit.

Hampir semua obat berasa pahit, hanya saja ada sebagian yang diperuntukkan buat anak-anak diberi zat pemanis dan perasa (flavoring agent) seperti rasa buah-buahan agar anak-anak lebih menyukainya.

Salah satu tanaman yang punya khasiat ampuh sebagai obat namun berasa pahit adalah tanaman paria, pare atau Momordica charantia L.

Tanaman dari famili Cucurbitaceae ini adalah tanaman yang tumbuh sangan baik di daerah tropik. Daun dan buahnya memiliki bentuk yang khas. Dan, setiap bagian tanamannya memiliki manfaat untuk mengobati beragam penyakit mulai ringan hingga berat.

Bagian buahnya dapat digunakan untuk mengobati batuk, radang tenggorok (pharyngitis), sakit mata atau mata merah, demam, malaria, kencing manis, disentri, memperbanyak air susu (ASI).
nyeri haid sakit (dismenorrhoea), dariawan, dan infeksi cacing gelang. Bagi anak-anak yang punya masalah dengan nafsu makan, sayur olahan dari paria juga dapat digunakn untuk menambah nafsu makan.

Bagian bunga paria yang berwarna kuning biasa digunakan untuk gangguan pencernaan, sedangkan daunnya dapat digunakan untuk obati cacingan hingga sakit lever atau hepatitis. Sementara itu, bagian akarnya mampu menanggulangi penyakit kanker dan impotensi.
Sumber : Tribuntimur, Sabtu, 11 April 2009

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Minum Teh Sangat Panas Tingkatkan Risiko Kanker Brokoli Tangkal Kanker Lambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: