Waspada Serangan Flu Meksiko (Flu Babi)

Mei 2, 2009 at 11:22 am Tinggalkan komentar

20090426182330Jika baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan flu Singapura, kini muncul virus flu jenis baru di Meksiko yang telah memakan korban jiwa.

Pihak pemerintah Meksiko mengatakan hingga kini telah jatuh 81 korban yang diduga meninggal akibat virus flu babi jenis terbaru.

Menteri Kesehatan Meksiko, Jose Cordova mengatakan total 1.324 orang telah dibawa ke rumah sakit dengan gejala yang dicurigai sebagai flu babi jenis baru sejak 13 April.

“Pada waktu yang sama, 81 kematian telah tercatat terkait dengan virus tersebut namun hanya 20 kematian yang telah dikonfirmasi laboraturium benar akibat infeksi tersebut,” terangnya.

Presiden Meksiko Felipe Calderon telah mengumumkan keadaan itu sebagai kondisi darurat dan berusaha mengatasinya.

Sekolah di sekitar kota Meksiko telah ditutup hinggga 6 Mei dan sekitar 70% bar dan restoran juga ditutup sementara. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bersalaman dan pihak kedutaan besar AS telah meminta para pengunjung untuk menjaga jarak sekitar 1,8 meter dari orang lain.

Masker untuk menutup hidung dan mulut dibagikan untuk masyarakat. Mereka juga diminta untuk tetap berada di rumah untuk menghindari infeksi.

Rekomendasi tersebut juga dikatakan oleh Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) yang memperingatkan hal itu bisa menular dengan luas.

Ketua WHO, Margaret Chan mengatakan, kejadian tersebut sebagai “kondisi kesehatan darurat yang perlu perhatian dunia” dan perlu diawasi dengan serius.

Perhatian internasional

Sebagian kasus telah dikonfirmasi sebagai jenis baru dari virus babi H1N1, yang biasanya hanya menginfeksi babi namun kini juga menyerang manusia.

Para ahli kesehatan mengatakan, tes yang selama ini dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara penyakit yang berada di Mexico dengan virus flu babi di Amerika Serikat bagian selatan.

Usai mengadakan rapat komite WHO darurat, Chan mengatakan, kejadian yang berkaitan dengan kesehatan publik itu perlu mendapat perhatian masyarakan internasional.

WHO menyarankan pada seluruh negara anggota untuk berhati-hati terhadap flu musiman yang tidak biasa atau pneumonia, terutama diantara anak-anak yang sehat.

Pihak berwenang mengatakan, hingga saat ini korban meninggal adalah para dewasa muda, dibandingkan golongan yang lebih rentan seperti anak-anak dan lanjut usia (lansia).

Rapat komite WHO belum mengumumkan kejadian itu sebagai kondisi kesehatan masyarakat darurat dan meningkatkan hingga tingkat penyakit menular berbahaya, yang akan berakibat larangan bepergian, pelarangan jual beli dan ditutupnya perbatasan.

Sebagian besar kasus yang terjadi menunjukkan jenis baru dari flu babi H1N1, yaitu penyakit saluran pernafasan yang biasa dialami babi namun kini menular pada manusia.

H1N1 adalah sejenis virus yang biasa menyebabkan flu pada manusia, namun jenis virus itu kini mengandung materi baru yang biasanya hanya berbahaya bagi babi dan burung.

Virus tersebut menyebar melalui batuk dan bersin serta kontak langsung atau tak langsung antara manusia.

Sekolah, museum dan perpustakaan telah ditutup di seluruh bagian ibu kota dan masyarakat dilarang untuk menghindari berjabat tangan atau menggunakan alat makan bersama-sama.

Dua pertandingan sepak bola yang sebelumnya dipenuhi para pengunjung, terpaksa bermain tanpa penonton untuk menghindari penyebaran virus.

Petugas kesehatan setempat telah mengisolasi beberapa orang yang dicurigai terinfeksi virus serta rumah yang mereka tempati.

By Republika Newsroom
Minggu, 26 April 2009

Entry filed under: Artikel. Tags: .

Minuman Jeruk Konyaku Jelly Mengenal Buah Pome (Delima)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: