Kopi Cegah Gangguan Mata

Mei 20, 2009 at 10:59 pm Tinggalkan komentar

da4f585f0fbc2217664cd36379c668eeBANYAK fakta tentang dampak kopi terhadap gangguan kesehatan, seperti hipertensi, jantung berdebar, gelisah, insomnia, gugup, tremor (tangan bergetar), mengurangi kesuburan perempuan, bahkan bagi perempuan pada usia menopause bisa menambah resiko kekeroposan tulang (osteoporosis).

Namun sebuah penelitian di Italia yang pernah dilansir dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry yang dikutip www. kompas.com, ternyata melihat adanya manfaat minum kopi untuk menghindari gangguan pada mata.

Penelitian tersebut mengambil subyek penelitian sebanyak 166 orang yang mengalami blepharospasm dan subyek para peminum kopi serta perokok. Blepharospasm merupakan salah satu bentuk dystonia gangguan gerakan spontan dan kontraksi otot yang tidak berhenti.

Artinya, suatu kondisi abnormal ketika tidak terkontrol dalam mengedipkan mata. Mereka yang mengalami kondisi seperti itu tidak akan bisa mengontrol kedutan pada kelopak mata. Bahkan, kasus yang ekstrem, tidak bisa berhenti sampai akhirnya tidak bisa melihat.

Berdasarkan penelitian tersebut, rutin minum satu atau dua gelas kopi sehari dapat mengurangi resiko kondisi seperti ini. Biasanya, kondisi tersebut dialami mereka yang berusia 50 sampai 70 tahun.

Mereka yang terdiagnosis mengalami keadaan awal blepharospasm dengan gejala seperti kelopak mata berkontraksi tidak terkontrol sehingga menyebabkan mata berkedip terus-menerus.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata bahkan kebutaan. Selain itu, gejala yang biasa dialami meliputi iritasi mata yang membuat tidak nyaman, sensitif saat melihat, dan semakin sering mengedipkan mata.

Profesor Giovanni Defazio dan koleganya dari Department of Neurological and Psychiatric Sciences University of Bari, Italia, mengatakan, penelitian terbaru ini juga menemukan bahwa merokok juga efektif melindungi dari kondisi ini. (cr4)
Sumber : Tribuntimur, Selasa, 19 Mei 2009

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Walkman Bagi Si Fanatik Gerak Madu……. Alternatif lain untuk Jerawat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook

Calender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • Tak ada

Guest

Feeds


%d blogger menyukai ini: